James Hetfield  

Minggu, Januari 04, 2009

jhSeperti apa perayaan Metallica ketika album studio mereka yang kesembilan, Death Magnetic, langsung menduduki puncak tangga album? “We bought a bunch of drugs and cars,” kata vokalis James Hetfield sambil bercanda. “Bukan, kami saling menatap dengan mulut menganga dan berkata, ‘Man!’ ” Sebuah momen yang manis, khususnya bagi Hetfield: “Beberapa tahun lalu, kami saling membentak, memecah band ini – dan lihatlah sekarang!” katanya. “Sulit dipercaya. Dan bagi saya, dalam keadaan bersih [dan tidak mabuk], ini menjadi semakin bermakna.” Hetfield, 45 tahun, menelepon dari Glendale, Arizona beberapa jam sebelum awal tur Metallica, yang mencakup 70 konser dalam sembilan bulan.

Kalian telah tampil di panggung sepanjang tahun ini. Apa lagu-lagu baru yang paling seru untuk dibawakan?
Pada musim panas lalu, kami memainkan “Cyanide” dan “The Day That Never Comes”. Di tur ini, kami akan menggilir empat sampai lima lagu baru tiap malam. Kami ingin memberi kesempatan agar lagu-lagu itu menjadi abadi, seperti “Fade to Black” atau “Seek and Destroy”. Lagu-lagu itu menjadi abadi bukan karena merupakan lagu yang bagus di album, tapi karena kami memainkannya, dan penonton belajar bahwa mereka punya bagian sendiri untuk dinyanyikan.

Di mana Anda menulis lirik Death Magnetic?
Kebanyakan di rumah. Ada satu lagu berjudul “Shine” – itu tidak ada di album tapi akan dirilis suatu saat nanti – yang saya tulis di pelantikan Rock & Roll Hall of Fame pada tahun 2006, ketika kami melantik Black Sabbath. Saya mendapat inspirasi, dan saya menulisnya seperti puisi.

Kemungkinan besar, Metallica akan dilantik ke Hall of Fame pada April mendatang. Siapa yang akan hadir di atas panggung bersama kalian?
Semua yang bermain di rekaman seharusnya ada di sana. Kami dianggap layak untuk masuk ke Hall 25 tahun setelah rekaman pertama, bukan setelah dibentuk.

Berarti Dave Mustaine tidak masuk?

Dia tidak ada di album. Jason Newsted seharusnya ada di sana – dia tergabung dalam band ini selama 14 tahun dan bermain di beberapa album – begitu juga Robert Trujillo.

Apakah akan terasa aneh dengan hadirnya Jason di sana?
Tak ada alasan untuk merasa aneh. Kami tak ingin jadi bagian dari opera sabun di Hall of Fame. Semua orang ingin melihat kekacauan, seperti ketika pertengkaran Blondie yang tak penting di atas panggung [di pelantikan pada tahun 2006]. Murahan.

Sudahkah Anda mendengar lagu-lagu yang bocor dari Chinese Democracy?
Belum. Saya yakin Lars sudah mendengarnya – dia pengikut fanatik Axl [tertawa]. Dia mengikutinya dan mengusiknya, berusaha menyerap aura rock star-nya. Kami pernah tampil bersama mereka di sebuah festival di Jerman pada tahun 2006 – bukan di hari yang sama – dan kami menonton mereka. Dia adalah frontman yang bagus. Banyak embel-embel yang ikut terbawa karenanya, tapi dia memang berbakat.

Di lagu baru “Broken, Beat and Scarred”, Anda bernyanyi, “Show your scars.” Apakah Anda mengalami bekas luka permanen akibat kecelakaan efek api panggung di tahun 1992 itu?
Dari pemanggangan manusia di Montreal? Memang ada bekas lukanya. Kami pernah memuat body scan di majalah fan-club kami, dan memperlihatkan pergelangan dan tulang iga saya yang patah, luka bakar dan sebagainya. Piringan di punggung saya cedera saat Summer Sanitarium Tour beberapa tahun lalu. Itu yang paling mengganggu.

Apa yang Anda dengarkan belakangan ini?
Saya selalu mendengar stasiun Hard Attack di [radio satelit] Sirius. Di sana ada seorang DJ bernama Jose yang begitu mencintai metal. Saya juga medengar Little Steven’s Underground Garage. Orang itu adalah sumber informasi, dan dia juga bekerja dengan Handsome Dick – saya selalu belajar.

Album apa yang paling sering Anda dengarkan?
Rocks-nya Aerosmith. Di usia 15 tahun, saya melihat sebuah band sedang berlatih. Saya hanya punya combo amp kecil, dan mereka punya PA yang bagus, aroma peralatan dan tubes yang panas...saya terpikat. Mereka punya beberapa album Aerosmith, dan memainkan Rocks. Di saat itu, saya tertular demam rock & roll. Itu dia.

Apa pernak-pernik Metallica yang paling berharga bagi Anda?
Maksud Anda, sesuatu yang tidak dimiliki Lars?
Dia menyimpan semuanya?
Lars punya cukup banyak untuk bisa membuka empat buah museum Metallica. Satu untuk barang-barangnya, satu untuk barang-barang saya, satu untuk barang-barang Kirk...hal terbaik yang saya miliki adalah poster dari tur kami bersama Raven, dari konser di Bald Knob, Arkansas [di tahun ’80-an]. Konser itu di atas beton di tengah-tengah lapangan yang penuh serangga. Di sampingnya, ada orang yang menjual roti berisi ikan lele.

Itu membuat Anda teringat akan betapa jauhnya perjalanan Anda?
Ya. Pada poster itu tertulis, “Raven: Number One Metal Band in Europe.” Itu tidak sepenuhnya benar. Lalu di bawahnya tertulis, “Metallica: Potential to Become U.S. Metal Gods.”
(The Rolling Stone Megazine "Austin Scaggs")

AddThis Social Bookmark Button
Email this post

1 komentar:

Ryan De Jawa mengatakan...

I like their music.. "Metallica" still the best...

Posting Komentar

Design by Amanda @ Blogger Buster